Jumat, 28 Desember 2007

Andai televisi dilarang??

Pertanyaan ini melintas di batok kepala saya ketika hampir tiga minggu televisi di rumah gambarnya hilang. Kerusakannya sepele, hanya karena kabel yang sudah lapuk. Namun karena panjang antena sekitar 10 meter dan itu terbuat dari pipa besi (asli ndeso mas,,), sangat tidak mungkin untuk segera menurunkannya tanpa bantuan banyak orang. Alhasil orang rumah harus bengong tanpa kehadiran kotak ajaib itu selama tiga mingguan.

Membicarakan televisi, sebagian besar orang pasti paham akan dampak positif dan negatif dari televisi, terutama bagi perkembangan anak. Bahkan sangat mudah mencari ulasan lengkap ataupun riset mengenai dampak negatif televisi. Namun, bagi para remaja atau malah dewasa, walaupun tahu katakanlah 90% mengenai dampak negatif TV, saya yakin dia akan tetap menyalakannya. Berbagai macam stasiun televisi dengan aneka program yang disajikan hampir 24 jam nonstop dengan kualitas gambar dan suara yang baik, menjadikan televisi sebagai sumber informasi, berita dan tentu hiburan yang sangat dinantikan. Pokoknya mudah dan murah, tapi bukan tv berlangganan lho ya!!

Kembali ke pertanyaan seandainya televisi tiba-tiba lenyap dari hadapan kita, apa yang akan terjadi?? Believe it or not, bagi sebagian orang, televisi mungkin sudah merupakan candu! Jadi bila benda itu hilang, maka akan membuat orang itu sakaw. Contohnya seperti ini, anda fanatik akan sebuah serial di televisi yang tayang tiap hari. Tiba-tiba televisi di rumah anda itu mati atau apalah yang membuat anda tidak bisa menonton acara kesayangan itu. Anda melihat wujud TV itu, tapi tidak bisa menggunakannya. Bagaimana perasaan Anda?? Atau bagi anda yang penggila bola??pastinya nganyelke bukan??

Menurut saya amat ngoyoworo kalau sebagai orang modern ada yang bilang kalau dirinya bebas dari televisi. Kecuali jika dia terkena fobia gara-gara ada hantu yang muncul dari layar kaca televisinya seperti pada film-film horor itu.

gambar kula jupuk saking www.motherfools.com

3 komentar:

findo_findo mengatakan...

itulah hebatnya sihir media, khususnya TV yang sudah sangat merakyat. si kotak bergambar dan berbunyi iitu bisa menyulap kita hingga mau duduk berjam2 di depannya. mending kalo nonton berita, tapi yang sekarang banyak muncul adalah sinetron, contohnya RCTI, dari sore ampe malem, isinya sinetron. paling diselani berita setengah jam. kalo nggak pasti ada gosip selebriti. itulah hebatnya orang2 industri yang dengan senang hati menciptakan budaya massa yang cenderung merugikan kita sbg masyarakat. dan kita mau ga mau bakal jadi sasaran empuk. selamat menikmati....hahaha...

findo_findo mengatakan...

Aku ingin muncul di tv
Buat acara sendiri
Bukan gossipnya selebriti
Harus yang lebih berisi

Menyenangkan punya televisi
Lihat dunia yang berwarna-warni
Asal jangan acaranya basi
Cuma bikin keqi

Uh... di televisi
Banyak orang-orang sok aksi
Artis, menteri dan politisi
Berlomba cari sensasi

by:NAIF

hendra mengatakan...

TV sudah menjadi kebutuhan hidup masyarakat sekarang. 10 sampai 20 tahu kedepan internet akan jadi seperti TV sekarang. Semakin kita dibuat ketergantungan dengan barang elektronik yang banyak memberi mimpi.